Selasa, 15 Oktober 2019

Makalah Pembelajaran PKn di SD


MAKALAH
PEMBELAJARAN PKn di SD
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pembelajaran PKn di SD
Dosen Pengampu : Jennyta Caturiasari, M.Pd.



Disusun oleh :
Kelompok 7
1.     Dhuma Puti Umama  (1800074)
2.     Ghaida Nur Hanifah    (1800047)
3.     Mega Lestari                (1808413)
4.     Niken Ayundah Putri  (1800812)
5.     Pipit Mulyasari            (1806654)
        3A – PGSD
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
KAMPUS PURWAKARTA
2019




KATA PENGANTAR

Segala puji bagi allah SWT yang telah memberikan kami kemudahan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Tanpa pertolongan-Nya tentunya kami tidak akan sanggup untuk menyelesaikan makalah ini dengan baik.
Kami mengucapkan syukur kepada Allah AWT atas limpahan nikmat sehat-Nya, baik itu berupa sehat fisik maupun akal pikiran, sehingga kami mampu untuk menyelesaikan pembuatan makalah sebagai tugas dari mata kuliah Pembelajaran Pkn di SD.
Kami tentu menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak terdapat kesalahan serta kekurangan di dalamnya. Untuk itu, kami mengharapkan kritik serta saran dari pembaca untuk makalah ini, supaya makalah ini nantinya dapat menjadi makalah yang lebih baik lagi. Demikian, dan apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak khususnya kepada dosen kami Pembelajaran Pkn di SD, Ibu Jennyta Caturiasari, M.Pd. yang telah membimbing kami dalam menulis makalah ini.
Demikian, semoga makalah ini dapat bermanfaat. Terima kasih.


Purwakarta, 25 September 2019

Penulis





                                                                  DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ………………………………………………. i
KATA PENGANTAR ……………………………………………… ii
DAFTAR ISI …………………………………………………………. iii
BAB I PENDAHULUAN …………………………………….. 1
·         1.1 Latar Belakang ………………………………………….. 1
·         1.2. Rumusan Masalah ……………………………………… 1
·         1.3 Tujuan Penulisan ……………………………………….. 1
BAB II PEMBAHASAN ………………………………………. 2
·         1
·         A Pengertian media pembelajaran PKn di SD  ……………………. 2
·         B. Kedudukan media pembelajaran PKn di SD…………….  ……  .2
·         C. Tujuan Mediia Pembelajaran PKn di SD…………………………… 3
·         D. Manfaat Media Pembelajaran PKn di SD…………………….……3
·         E.Klasifikasi Pembelajaran PKn di SD…………………… .. …………..4
·         F.jenis pembelajjaran PKn di SD ………………………………………….5
BAB III PENUTUP ……………………………………………… 26
·         A. Simpulan …………………………………………………… 30
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………. 32






BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif, yang didalamnya terdapat interaksi antara guru dengn peserta didik. Guru dengan sadar melakukan kegiatan pengajarannya secara sistematis dengan memanfaatkan segala media pembelajaran demi kelangsungan belajar mengajar. Ada tiga aspek yang membedakan anak didik satu dengan yang lainnya, yaitu aspek intelektual, psikologis, dan biologis. Ketiga aspek tersebut diakui sebagai akar permasalahan yang melahirkan berbagai sikap dan tingkah laku anak didik disekolah, hal ini menjadi tantangan bagi seorang guru dalam mengajar, karena guru harus mengetahui sikap dan cara belajar anak didiknya agar tercapai target suatu pembelajaran. Salah satu cara efektif dalam proses pengajaran adalah dengan meminimalkan jumlah anak didik di kelas, dapat mengaplikasikan beberapa prinsip pengelolaan kelas. Kelas adalah upaya lain yang tidak bisa diabaikkan begitu saja, pendekatan terpilih mutlak dilakukan guna mendukung pengelolaan kelas. Disamping itu juga, perlu memanfatkan beberapa media pendidikan yang telah ada dan mengupayakan pengadaan media pendidikan baru demi terwujudnya tujuan bersama.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Apakah pengertian dari Media Pembelajaran PKn di SD ?
2.      Apa kedudukan dari Media Pembelajaran PKn di SD ?
3.      Apa tujuan dari Media Pembelajaran Pkn di SD ?
4.      Apa saja manfaat dari Media Pembelajaran PKn di SD ?
5.      Apa saja klasifikasi dan jenis Media Pembelajaran PKn di SD ?
6.      Apa  saja penerapan dalam Media Pembelajaran PKn di SD ?

1.3  Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui pengertian dari Media Pembelajaran PKn di SD ?
2.      Untuk mengetahui kedudukan dari Media Pembelajaran PKn di SD ?
3.      Untuk mengetahui tujuan dari Media Pembelajaran Pkn di SD ?
4.      Untuk mengetahui berbagai manfaat dari Media Pembelajaran PKn di SD ?
5.      Untuk mengetahui berbagai klasifikasi dan jenis Media Pembelajaran PKn di SD ?
6.      Untuk mengetahui penerapan yang seharusnya dilakukan  dalam Media Pembelajaran PKn di SD ?




Bab II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Media Pembelajaran PKn di SD
       Kata media berasal dari bahasa Latin medio? Dalam bahasa Latin, media dimaknai sebagai antara. Media merupakan bentuk jamak dari medium, yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Secara khusus, kata tersebut dapat diartikan sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk membawa informasi dari satu sumber kepada penerima. Dikaitkan dengan pembelajaran, media dimaknai sebagai alat komunikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membawa informasi berupa materi ajar dari pengajar kepada peserta didik sehingga peserta didik menjadi lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Satu hal yang perlu diingat bahwa peranan media tidak akan terlihat apabila penggunaannya tidak sejalan dengan isi dan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Secanggih apa pun media tersebut, tidak dapat dikatakan menunjang pembelajaran apabila keberadaannya menyimpang dari isi dan tujuan pembelajarannya.
Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi (Sadiman,2002:6). Berdasarkan definisi tersebut, media pembelajaran memiliki manfaat yang besar dalam memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran. Media pembelajaran yang digunakan harus dapat menarik perhatian siswa pada kegiatan belajar mengajar dan lebih merangsang kegiatan belajar siswa.
B.     Kedudukan Media Pembelajaran PKn di SD
Kedudukan media pembelajaran sebagai proses komunikasi. Dalam proses komunikasi ini terjadi urutan pemindahan informasi (pesan) dari sumber pesan kepenerima pesan.

Proses belajar mengajar      -->     proses komunikasi
 Penyampaian pesan    -->    penerima pesan




C.    Tujuan Media Pembelajaran PKn di SD
1.      Memberikan kemudahan kepada peserta didik untuk lebih memahami konsep, prinsip, dan ketrampilan tertentu dengan menggunakan media yang paling tepat menurut sifat bahan ajar.
2.      Memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi sehingga lebih merangsang minat dan motivasi peserta didik untuk belajar
3.      Menumbuhkan sikap dan ketrampilan tertentu dalam teknologi karena peserta didik tertarik untuk menggunakan atau mengoperasikan media tertentu.
4.      Menciptakan situasi belajar yang tidak dapat dilupakan peserta didik.
5.      Memperjelas informasi atau pesan pembelajaran.
6.      Meningkatkan kualitas belajar mengajar.

D.    Manfaat Media Pembelajaran Pembelajaran PKn di SD
1.      Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar atau pengajaran lebih produktif.
2.      Bahan pengajarannya akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa, dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik.
3.      Pengajaran akan lebih bersifat langsung, karena metode yang digunakan akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru, melainkan mengajak siswa secara langsung untuk mengalami dan berinteraksi dengan sumber belajar.
4.      Siswa lebih banyak melakukan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikam, dll.

E.     Klasifikasi Pembelajaran PKn di SD
Dibagi kedalam 3 macam media, yakni :
a)      Media auditif
Media yang hanyamengandalkan suara saja seperi radio,kaset rekoorder, peringan hitam.media ini tidak cocok untuk orang tuli atau mempunyai kelainan pendengaran
b)       Media visual
Media yang hanya mengandalkan indera penglihatan. Media ini ada yang menampilkan gambar diam seperti film strip, slides, foto, gambar atau lukisan, dan cetakan. Ada pula yang menampilkan gambar atau simbol yang bergerak seperti film bisu, dan film kartun.
c)       Media audio visual
 Media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan  yang lebih baik karena meliputi kedua jenis media. Media ini dibagi dalam:
1.      Audio visual diam yaitu baik unsur suara maupun unsur gambar berasal dari satu sumber seperti,  video, kaset.
2.      Audio visual gerak yaitu unsur suara dan unsur gambarnya berasal dari sumber yang berbeda. Misalnya film bingkai suara yang unsur gambarnya berasal dari slides proyektor dan unsur suaranya.



Ø  Dilihat dari daya liputnya, media terbagi menjadi:
a)      Media dengan daya liput luas dan serentak
Penggunaan media ini tidak terbatas oleh tempat dan ruang serta dapat menjangkaujumlah anak didik yang banyak dalam waktu yang sama.seperti radio dan televisi serta internet
b)      Media dengan daya liput terbatas oleh ruang dan tempat
media ini dalam penggunaannya membutuhkan ruang dan tempat yang khusus seperti film sound slides film rangkai, yang harus menggunakan empat tertutupdan gelap.
c)      Media untuk pembelajaran invidual
Media ini penggunaannya hanya untuk seorang diri.termasuk media ini adalh modul berprogram dan pengajaran melalui komputer.

F.     Jenis-Jenis Pembelajaran PKn di SD
Dibagi kedalam 2 bagian, yakni :
Ø  Media Dua Dimensi
Media dua dimensi sering disebut media grafis. Media dua dimensi adalah media yang memiliki ukuran panjang dan lebar. Grafis sebagai media pengajaran dapat mengkombinasikan fakta-fakta, gagasan-gagasan secara jelas dan kuat melalui perpaduan antara ungkapan atau grafik. Contoh media dua dimensi  media grafis, yaitu:
a)      Bagan
    Yaitu kombinasi antara media grafis dan gambar foto yang dirancang untuk memvisualisasikan secara logis dan teratur mengenai fakta pokok atas gagasan. Fungsi bagan adalah untuk menunjukkan hubungan, perbandingan, jumlah relative.
b)       Diagram
     Yaitu suatu gambaran sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan hubungan timbal-balik terutama dengan garis-garis.
c)       Grafik
     Yaitu penyajian data berangka. Grafik merupakan keterpaduan yang lebih menarik dengan sejumlah tabulasi data yang tersusun dengan baik.Beberapa macam grafik diantaranya yaitu grafik garis, batang, lingkaran, atau piring dan grafik.
d)      Poster
    Yaitu kombinasi visual dari rancangan yang kuat dengan makna dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti dalam ingatannya. Poster berguna untuk motivasi, peringatan dan pengalaman yang kreatif.
e)       Kartun
     Yaitu penggambaran dalam bentuk lukisan atau karikatur tentang orang, gagasan, atau situasi yang didesain untuk mempengaruhi opini masyarakat. Kegunaan kartun dalam pengajaran dapat memperjelas rangkaian isi bahan dalam satu urutan logis atau mengandung makna.

Ø  Media Tiga Dimensi
      Yaitu media yang mempunyai panjang, lebar dan isi. Media tiga dimensi yang sering dipakai adalah model dan boneka. Model adalah tiruan 3 dimensional dari beberapa objek nyata yang terlalu besar, terlalu jauh, terlalu kecil, terlalu mahal, terlalu jarang, terlalu ruwet untuk dibawa ke kelas, dan dipelajari siswa dalam wujud aslinya.
a.  Jenis model dan penggunaannya
        1)  Model padat (solid model), yaitu memperlihatkan bagian permukaan luar dari pada objek dan sering kali membuang bagian-bagian yang membingungkan gagasan-gagasan utamanya dari bentuk, warna dan susunannya. Contoh model padat yaitu boneka, bendera, bola, anatomi manusia.
      2)  Model penanpang (cuteway model), yaitu memperlihatkan bagaimana sebuah objek itu tampak, apabila bagian permukaannya diangkat untuk mengetahui susunan bagian dalamnya. Model ini berguna untuk mata pelajaran biologi, karena berfungsi untuk mengganti objek sesungguhnya.
     3)  Model kerja (working model), yaitu tiruan dari objek yang memperlihatkan bagian luar dari objek asli. Gunanya untuk memperjelas dalam pemberian materi kepada siswa.
 b.  Jenis boneka dan penggunaannya
      Contohnya boneka tangan, dan wayang yang dapat digunakan agar siswa menjadi lebih tertarik untuk belajar.
Ø  Media Proyeksi
Media proyeksi adalah media yang ditayangkan seperti slide, film strip, dsb.











BAB III
PENUTUP
A.KESIMPULAN
Media merupakan suatu perantara (alat) untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan media yang tepat dapat menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus dapat memilih media yang sesuai dengan bahan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik dan lancar. Dari pembahasan diatas dapat diketahui bahwa macam-macam media pembelajaran jumlahnya sangat banyak. Dilihat dari jenisnya, media terbagi menjadi:
a.       Media auditif
b.      Media visual
c.       Media audio visual:
1). Audio visual diam 
 2). Audio visual bergerak
Dilihat dari daya liputnya, media terbagi menjadi:
a.       Media dengan daya liput luas dan serentak
b.       Media dengan daya liput terbatas oleh ruang dan tempat
c.       Media untuk pembelajaran invidual
Media sebenarnya akan sangat membantu dalam mewujudkan tujuan pendidikan meskipun banyak kekurangan yanng ada didalamnya. Maka diharapkan kekreatifitasan guru dalam memilih media mana yang lebih cocok untuk diterapkan dalam kelas. Dalam hal ini yang harus diperhatikan adalah materi yang akan disampaikan, situasi kelas dan sarana pra sarana.







DAFTAR PUSTAKA

-          Ppt Materi_Perkuliahan_Media_Pembelajaran


1 komentar:

Makalah Pembelajaran PKn di SD

MAKALAH PEMBELAJARAN PKn di SD Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pembelajaran PKn di SD Dosen Pengampu : Jennyta ...