Rabu, 02 Oktober 2019

Ruang Lingkup Materi PKn di SD


MAKALAH
RUANG LINGKUP MATERI PKN DI SD
Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran Pkn di SD
Dosen Pengampu :
Drs. Kanda Ruskandi, M.Pd
Jennyta Caturiasari, M.Pd
                                                                       

Disusun oleh
Ai Listriyani ( 1806590 )
Delta Aida Putri ( 1800452 )
Dhita Kusuma Putri ( 1806478 )
Mila Jamilah Nur Qomariah ( 1806509 )
Qonitah Umi Sabarni ( 1800590 )

Kelompok 4
3A PGSD


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA KAMPUS PURWAKARTA
2018



KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Warrohmatullahi Wabarokatuh
Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya berupa kesempatan dan pengetahuan. Sehingga kami diberi kemudahan untuk menyelesaikan makalah yang berjudul “Ruang Lingkup Materi PKn di SD” dengan tepat waktu. Penulisan makalah ini bertujuan guna memenuhi salah satu tugas mata kuliah “Pembelajaran Pkn di SD”
Kami merasa bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak kesalahan dalam makalah ini. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu khususnya kepada dosen pengampu mata kuliah “Pembelajaran PKn di SD” Drs. Kanda Ruskandi, M.Pd dan Jennyta Caturiasari, M.Pd, yang telah membimbing kami dalam menulis makalah ini.
Demikian, semoga makalah ini dapat bermanfaat. Terima Kasih.



Purwakarta, 25 September 2019
Penyusun

    Kelompok 4









BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ialah mata pelajaran yang banyak mengalami perubahan nama, tetapi isi dan pendekatan cara penyampaiannya tidak banyak berubah. Dari isi materi yang lebih menekankan pada pengetahuan untuk mendorong agar siswa lebih kritis dalam berfikir. Dalam pembelajarannya lebih menekankan pada sistem satu arah yaitu guru. Sistem pembelajaran ini sudah ada di Indonesia dan umum digunakan. 


1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa saja aspek – aspek ruang lingkup materi PKn di SD ?
2.      Bagaimana contoh pengembangan informal dan formal pembelajaran  PKn di SD ?
3.      Bagaimana respon siswa dalam pembelajaran PKn di SD ?
1.3 Tujuan
1.      Untuk mengetahui aspek-aspek ruang lingkup materi PKn di SD
2.      Untuk mengetahui pengembangan formal dan informal pembelajaran PKn di SD
3.      Untuk mengetahui respon siswa dalam pembelajaran PKn di SD


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Aspek - Aspek Ruang Lingkup Materi PKn di SD
       Adapun ruang lingkup mata pelajaran PKn sebagaimana tercantum dalam Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi meliputi delapan aspek, yaitu:
1.      Persatuan dan Kesatuan Bangsa
Meliputi : Hidup rukun dalam perbedaan, cinta lingkungan, kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, partisipasi dalam pembelaan Negara, sikap positif terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, keterbukaan dan jaminan keadilan.
2.      Norma, Hukum, dan Peraturan
Meliputi : Tertib dalam kehidupan berkeluarga, tata tertib di sekolah, norma yang berlaku di masyarakat, peraturan-peraturan daerah, norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sistem hukum dan keadilan nasional, hukum dan peradilan internasional.
3.      Hak Asasi Manusia
Meliputi : Hak dan kewajiban anak, hak dan kewajiban anggota masyarakat, instrument nasional dan internasional HAM, kemajuan, penghormatan, dan perlindungan HAM.
4.      Kebutuhan Warga Negara
Meliputi : Hidup gotong royong, harga diri sebagai warga masyarakat, kebebasan organisasi, kemerdekaan mengeluarkan pendapat, menghargai keputusan bersama, prestasi diri, persamaan kedudukan warga Negara.
5.      Konstitusi Negara
Meliputi : Proklamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama, konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia, hubungan dasar Negara dengan konstitusi.
6.      Kekuasaan dan Politik
Meliputi : Pemerintahan desan dan kecamatan, pemerintahan daerah dan otonomi, pemerintahan pusat, demokrasi dan sistem politik, budaya politik, budaya demokrasi menuju masyarakat madani, sistem pemerintahan, pers dan masyarakat demokrasi.
7.      Pancasila
Meliputi : Kedudukan Pancasila sebagai dasar Negara dan ideologi Negara,  proses perumusan Pancasila sebagai dasar Negara, pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai ideologi terbuka.
8.      Globalisasi
Meliputi : Globalisasi di lingkungannya, politik luar negeri Indonesia di era globalisasi, dampak globalisasi, hubungan internasional dan organisasi internasional, dan mengevaluasi globalisasi.
2.2  Pengembangan Informal dan Formal Pembelajaran PKn di SD
Materi pendidikan kewarganegaraan begitu luasnya karena meliputi pertama, bahan informal konten, yaitu bahan-bahan yang diambil dari kehidupan sehari-hari. Bahan informal ini meliputi bahan-bahan yang saling bertentangan (controversial issues),yaitu adanya pandangan masyarakat yang pro dan kontra. Misalnya : masalah Rancangan  Kitab Undan-Undang Hukum Pidana (RKUHP). Di samping masalah “controversial issues” ada juga masalah yang tabu (taboo) atau tertutup (close areas) seperti melemahnya agenda pemberantasan korupsi yaitu KPK.
Materi pendidikan kewarganegaraan yang kedua adalah formal disiplines, yaitu bahan pendidikan kewarganegaraan yang diambil dari berbagai disiplin ilmu sosial, seperti geografi, sejarah, sosiologi, dan psikologi.



2.3  Respon siswa dalam pembelajaran PKn di SD

Materi kewarganegaraan yang ketiga adalah the response of pupils both to the informal and the formal konten. Dari materi ketiga tersebut berarti pendidikan kewarganegaraan diperoleh dari respon siswa terhadap bahan formal yang selama ini diberikan guru serta bahan informal yang berasal dari kehidupan masyarakat. Respon siswa tersebut dapat positif dalam arti mendukung, dapat negatif dalam arti menentang atau bersikap masa bodoh dalam arti tidak peduli dengan masalah. Contohnya seperti siswa merasa bosan terhadap materi yang di bahas dalam pelajaran pendidikan kewarganegaraan 



BAB III
PENUTUP
3.1    Kesimpulan
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ialah mata pelajaran yang banyak mengalami perubahan nama, tetapi isi dan pendekatan cara penyampaiannya tidak banyak berubah.
Ruang lingkup materi Pendidikan Kewarganegaraan di SD tercantum dalam Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi meliputi 8 aspek, yaitu persatuan dan kesatuan bangsa, norma dan hukum  serta peraturan, hak asasi manusia, kebutuhan warga Negara, konstitusi Negara, kekuasaan dan politik, Pancasila, dan globalisasi.
Materi Pendidikan Kewarganegaraan ada tiga bahan pembelajaran yang pertama bahan informal konten, bahan formal konten, dan the response of pupils.
Respon siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ada yang bersifat negatif dan bersifat positif.
3.2 Saran
     Penulis menyadari bahwa makalah ini masih banyak terdapat kesalahan dan jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun mengenai pembahasan makalah ini, supaya makalah ini menjadi lebih baik lagi, dan dapat bermanfaat bagi kalangan intelektual.





DAFTAR PUSTAKA
Sapriya, dkk. 2009. Konsep Dasar Kewarganegaraan. Bandung : UPI Press
            Gemar Membaca. 2015. “Gerakan Pendidikan Kewarganegaraan” (On-line). https://biasamembaca.blogspot.com/2015/05/gerakan-pendidikan-kewarganegaraan.html. 26 September 2019.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makalah Pembelajaran PKn di SD

MAKALAH PEMBELAJARAN PKn di SD Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pembelajaran PKn di SD Dosen Pengampu : Jennyta ...